... selamat datang di blog'a yayu ...

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

PENGERTIAN WAN,MAN,INTERNET,ROUTER,ROUTING TABLE,ROUTING PROTOCOL

Diposting oleh yayo3_gO>>Blog Rabu, 03 November 2010

A. WAN (Wide Area Network)
WAN mencakup area yang lebih luas lagi yaitu antar Kota, Wilayah, atau bahkan antar negeri . Sehingga user bisa saling berkomunikasi dengan user lain walau berbeda lokasi atau daerah.

B. MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah beberapa LAN yang di gabungkan menjadi satu jaringan. Jangkauan MAN antara 10 – 50 KM. Kalo baca di buku-buku MAN termasuk dalam network dalam satu kota yg saling terhubung. Tapi mendengar cerita dosen waktu di kelas kemaren sebuah Kampus memiliki 2 Laboratorium Jaringan, LAB 1 di Gedung A dan LAB 2 digedung B. Jika kedua Lab tersebut saling terhubung maka bisa dikatakan MAN. Karena ini juga gabungan dari LAN.

C. Router
Adalah Sistem yang digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan. Perangkat yang berfungsi dalam komunikasi WAN atau menghubungkan dua network yang berbeda. Menempati layer 3 pada sistem layering OSI ( network) sehingga memiliki kemampuan routing atau pengalamatan paket data baik secara static atau dinamik.
D.Routing table
Adalah sebuah tabel elektronik (file) atau tipe database objek yang disimpan dalam suatu router atau jaringan komputer. The routing table stores the routes (and in some cases, metrics associated with those routes) to particular network destinations. Tabel routing menyimpan rute (dan dalam beberapa kasus, metrik yang diasosiasikan dengan orang-rute) untuk jaringan tertentu tujuan. This information contains the topology of the network immediately around it. Informasi ini berisi topologi jaringan segera di sekitarnya. The construction of routing tables is the primary goal of routing protocols and static routes . Pembangunan tabel routing adalah tujuan utama dari protokol routing dan rute statis.

E. Routing protocol
Adalah aturan yang mempertukarkan informasi routing yang nantinya akan membentuk tabel routing.

F. Internet
Adalah hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP.

Posting Komentar